Kamis, 25 Juli 2019

Kapan Service AC Mobil Harus Dilakukan

Kapan sih sebenarnya pemilik harus melakukan service ac mobil ke bengkel ac mobil?, sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti akan pertanyaan itu, pasalnya setiap mobil berbeda. Namun pada dasarnya pemilik hatrusnya melakukan service mobil secara menyeluruh secara berkala minimal 2 bulan sekali agar performa mobil tetap terjaga. 

Service AC Mobil
 
Namun kalo bicara service ac mobil, biasanya didasarkan pada waktu tertentu. Waktu servis berkala itu sendiri disesuaikan dengan kondisi lingkungan, apakah pemilik mobil tinggal di kota besar seperti Jakarta, ataukah di pedesaan dan wilayah lainnya. Sementara untuk mereka yang tinggal di pedesaan, ia mengatakan, bahwa servis bisa saja dilakukan per 20 ribu km. Hal ini disebabkan karena udara pedesaan pada dasarnya lebih bersih dibanding di kota.

Para ahli dibidang perbengkelan mengatakan ada dua jenis servis AC yang dilakukan berkala. Untuk yang tahunan, jenis servisnya adalah servis kecil. Pada jenis servis ini, umumnya yang dilakukan adalah pembersihan evaporator dan filter agar kotoran dapat kembali disaring dengan maksimal. Sementara servis besar dilakukan dengan cara pembersihan menyeluruh, misalnya evaporator dicuci dan freon diisi ulang. Waktu yang disarankan untuk melakukan servis besar ini adalah dua tahun sekali.

Sebagai komponen yang termsuk penting dalam mobil guna menunjang kenyamanan dalam berkendara, ada bainya menggunakan ac mobil dengan cara yang bijak. Deretan tata cara aman dalam menjaga pendingin tersebut agar senantiasa baik-baik saja. Sehingga AC mobil lebih awet dan bekerja dengan baik, selalu. 

Ada beberapa cara yang bias dilakukan agar ac mobil bisa terjaga performanya dengan baik, mulai dengan memasang suhu AC dalam kondisi yang sedang-sedang saja, seperti pada suhu 8 sampai 10 derajat celcius pada ventilasi, dan pada suhu kabin pada hitungan 24 hingga 26 derajat celcius, kondisikan tekanan freon dalam kategori standard pada mobil, matikan AC saat tak difungsikan agar lebih menghemat kinerja dari pendingin bersangkutan, pastikan baterai atau accu pada mobil berada dalam performa baik, jika pada skala berada di bawah 20%. Dan yang tak kalah penting adalah memastikan menjaga kebersihan pada AC mobil dari debu dan kotoran yang tertempel agar tak memicu kerusakan pada AC.

Selain itu ac mobil juga harus dilakukan perawatan service secara berkala ke bengkel ac mobil. Waktu untuk service tersebut pun tidaklah selalu sama dan dapat dipengaruhi oleh situasi karena adanya suhu udara yang berbeda. Tepatnya dalam pemberian service tersebut jatuh pada hitungan waktu sebagai berikut:

•    Service pada saat masa tempuh pada mobil mencapai 10.000 km atau biasanya dalam rentang waktu satu tahun bergantung dalam penggunaannya. Waktu service ini berlaku pada area perkotaan.
•    Service AC di wilayah pedesaan jatuh pada waktu jangka km pada mobil mencapai 20.000 km. Dan
•    Service AC pada area pertambahan sekiranya pada waktu jangkauan laju mobil mencapai 3000 km.

0 komentar

Posting Komentar