Jumat, 30 Agustus 2019

Vitamin dan Mineral Terbaik Untuk Gigimu

ProdukNasa

Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang paling penting, yang sayangnya sering diabaikan. Seperti setiap bagian tubuh lainnya, mulut pun membutuhkan nutrisi dan vitamin tertentu.

Di bawah ini adalah daftar vitamin dan mineral yang paling dibutuhkan untuk mulut dan organ di dalamnya.

Vitamin A
Vitamin A memang identik dengan mata dan wortel. Tapi ia juga dibutuhkan untuk menjaga air liur tetap mengalir. Ia menjaga selaput lendir yang melapisi gusi dan pipi tetap sehat dan lebih tahan terhadap penyakit. Vitamin A terkait dengan produksi air liur, yang sangat penting untuk membersihkan bakteri yang merusak dan partikel makanan dari sela-sela gigi dan gusi.

Selain wortel, vitamin A juga banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayuran oranye lainnya seperti ubi dan paprika. Juga terdapat dalam sayuran berdaun gelap seperti kangkung, bayam, dan sawi hijau. Kuning telur dan ikan juga mengandung vitamin A.

Vitamin B
Vitamin B, khususnya niacin dan riboflavin, mencegah timbulnya luka dan radang di mulut. Jika mulutmu luka karena sariawan atau terkena radang di gusi atau lidah, cobalah mengonsumsi lebih banyak vitamin B selain periksa ke dokter gigi. Niacin dan riboflavin terkandung dalam unggas, ikan, daging merah, produk susu, bayam dan kacang-kacangan.

Vitamin C
Vitamin C sangat penting perannya dalam menjaga jaringan ikat gusi tetap kuat. Tanpa vitamin C yang cukup, jaringan gusi bisa melemah, gigi bisa longgar, dan gusi bisa berdarah. Jadi pastikan untuk makan makanan seperti ubi, brokoli, buah beri, jeruk, kale yang tinggi vitamin C dan akan menjaga jaringan gusi tetap sehat.

Kalsium
Kalsium adalah salah satu mineral yang sudah terkenal untuk menjaga kesehatan gigi. Gigi dan tulang rahang sebagian besar terdiri dari kalsium. Kalsium diperlukan agar perkembangan gigi dan rahang normal dan kuat.

Ketika mineral yang kamu konsumsi tidak cukup, tubuhmu secara otomatis akan mengambil kalsium yang dibutuhkan dari tulangmu, yang akibatnya dapat membahayakan kekuatan tulang. Untuk menghindari hal itu, sertakan dalam menumu makanan dengan kandungan kalsium yang memadai seperti sayuran hijau, brokoli, ikan sarden, kacang-kacangan, dan tiram.

Vitamin D
Vitamin D sangat penting untuk kesehatan gigi karena ialah yang memungkinkan tubuh untuk menyerap kalsium. Tanpa vitamin D kalsium akan sulit terserap, sehingga gigi akan kekurangan kalsium, yang mengakibatkan penyakit gusi dan kerusakan gigi.

Kamu bisa mendapatkan vitamin D dengan berjemur bawah sinar matahari langsung. Juga bisa dari makanan seperti susu, telur, ikan, dan lainnya.

Vitamin E
Vitamin E terkait dengan pencegahan penyakit periodontal dan bekerja melawannya dengan mengurangi peradangan di mulut, dan dengan menjadi antioksidan. Sifat antioksidan vitamin E melawan oksidasi jaringan gusi yang dapat menyebabkan banyak masalah. Makanan yang tinggi vitamin E adalah kacang-kacangan,  biji-bijian, sayuran berdaun hijau, alpukat, dan ikan.

Fosfor
Agar kalsium dapat sepenuhnya terserap ke dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan tulang, diperlukan juga asupan fosfor. Sebagian besar produk susu mengandung fosfor dan kalsium secara bersamaan. Makanan tinggi fosfor termasuk susu, keju, yogurt, daging merah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Fluoride
Fluoride umum ditambahkan di pasta gigi untuk melawan kerusakan gigi dan gusi. Ia membantu remineralisasi email gigi, lapisan luar pelindung gigi yang perlu diperkuat secara teratur. Fluoride bisa ditemui di teh hitam dan seafood.

Salah satu pasta gigi yang mengandung fluoride adalah pasta gigi NASA. Dengan bahan-bahan pembuatnya yang berkualitas, pasta gigi yang bisa kamu dapatkan di www.produknasa.co.id ini bagus untuk menjaga kesehatan gigi. Bahkan ia bisa digunakan untuk perawatan wajah.

Zat Besi
Zat besi membantu menjaga jumlah sel darah merah pada tingkat yang normal, memungkinkan sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik dalam melawan penyakit dan infeksi. Ini berarti bahwa tanpa zat besi yang cukup, memerangi penyakit gusi dan infeksi mulut akan bisa lebih sulit. Makanan yang kaya zat besi antara lain telur, seafood, daging merah, dan sayuran berdaun hijau.

Potasium
Potasium berperan dalam kesehatan tulang karena menghambat zat-zat tertentu dalam tubuh yang meningkatkan kerusakan tulang. Tidak hanya menjaga terhadap melemahnya struktur pendukung seperti rahang, tetapi juga penting dalam pembekuan darah. Jika gusi berdarah, darah akan membeku lebih efisien dan luka akan dapat sembuh lebih cepat.
Makanan yang tinggi potasium termasuk kacang-kacangan, sayuran hijau berdaun gelap, yogurt, susu, keju, jamur, pisang, dan alpukat.

Seng (Zinc)
Seng secara alami dapat ditemukan dalam air liur. Telah terbukti untuk memerangi pertumbuhan bakteri dan plak, yang dapat membusukkan gigi dan jaringan gusi, menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi. Seng banyak terdapat di kacang mete, daging merah, biji labu, tiram, jamur, cokelat hitam, dan kacang-kacangan.

Dari tulisan di atas semoga kamu mendapatkan pengetahuan tambahan tentang kesehatan gigi. Tapi jangan lupa, meskipun makan makanan yang seimbang penting untuk menjaga kesehatan gigi, pemeriksaan gigi rutin sangat penting untuk memastikan gigi dan gusi benar-benar sehat.

0 komentar

Posting Komentar