Kamis, 25 Maret 2021

Inilah Arti Kata Gong Xi Fa Cai yang Sesungguhnya

 

Gong Xi Fa Cai


Selama ini kita beranggapan bahwa arti Gong Xi Fa Cai adalah selamat tahun baru imlek. Padahal, arti yang sebenarnya bukanlah itu. Ya, tahun baru imlek itu sendiri merupakan hari besar bagi masyarakat keturunan Tionghoa di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia.

Umumnya perayaan tahun baru imlek akan jatuh pada hari pertama di bulan pertama kalender Tionghoa. Bukan hanya itu, perayaan imlek juga biasanya akan berlangsung selama 15 hari yang kemudian ditutup oleh perayaan Cap Go Meh.

Guna menghormati masyarakat keturunan Tionghoa, sebagian besar orang-orang yang non-Cina akan mengucapkan Gong Xi Fa Cai. Namun, ternyata arti Gong Xi Fa Cai bukanlah selamat tahun baru imlek lho. Lantas, apakah arti sebenarnya dari kata Gong Xi Fa Cai?

Arti Kata Gong Xi Fa Cai yang Sebenarnya

Menurut informasi yang di dapat, kata Gong Xi Fa Cai secara harfiah berarti “selamat mendapatkan lebih banyak kekayaan”. Itu sebabnya, mengapa istilah Gong Xi Fa Cai tidak memiliki representasi yang kuat dari pengucapan “selamat tahun baru imlek”.

Saat perayaan tahun baru imlek tiba, masyarakat Tionghoa lebih suka mengucapkan kata Xin Nian Kuai Le ketimbang kata Gong Xi Fa Cai. Mengapa demikian? Hal itu bukan tanpa alasan, meningat arti dari kata Xin Nian Kuai Le adalah “tahun baru yang bahagia“, sedangkan kata Gong Xi Fa Cai berarti “selamat atas kemakmuran yang didapat“.

Jika disimpulkan, arti kata Gong Xi Fa Cai ini lebih mengarah ke materinya dan bukan pada kebersamaan di perayaan tahun baru imlek. Itu sebabnya, mengapa masyarakat Tionghoa lebih suka mengucapkan Xin Nian Kuai Le saat tahun baru imlek tiba.

Tak hanya Xin Nian kuai Le, masih ada lagi berbagai ucapan lainnya yang sering diucapkan saat perayaan tahun baru imlek seperti :

·         Guo nian hao : Selamat tahun baru

·         Xin chun kuai le : Selamat tahun baru (selamat musim semi)

·         Shen ti jian kang : Semoga sehat selalu

·         Sui sui ping an : Semoga dijauhkan dari malapetaka

·         Niu nian ru yi : Semoga di tahun kerbau, segala harapan dan impian terpenuhi

·         Niu nian da ji : Semoga tahun kerbau dilimpahi keberhasilan

·         Niu nian ji xiang : Semoga tahun kerbau memberi banyak keberuntungan

Berbagai Tradisi Unik Saat Imlek

1. Pantang Makan Bubur

Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, yang menganggap bahwa bubur merupakan makanan yang menjadi simbol kemiskinan. Konon, orang-orang Cina terdahulu sering memakan bubur ketika terjadi bencana. Itu sebabnya, mengapa masyarakat keturunan Tionghoa tidak mau makan bubur saat perayaan tahun baru imlek tiba.

2. Menyantap Ikan Bandeng

 ‘‘Nian-nian Yu Yi‘‘ atau menyantap ikan bandeng merupakan salah satu tradisi unik imlek. Bagaimana tidak, sebab ikan bandeng yang dihidangkan tidak boleh dibalik. Tak hanya itu, bahkan ikan bandeng yang dihidangkan tidak boleh dihabiskan pada hari itu, melainkan harus disisakan untuk keesokan harinya.

Dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa, tradisi ini mengartikan bahwa rezeki tidak akan pernah habis. Menariknya lagi, ikan bandeng yang dihidangkan harus berukuran besar. Sebab semakin besar ukuran ikan bandeng yang dihidangkan, maka akan semakin besar juga rezeki yang akan didapatnya.

3. Menyantap Kue Lapis

Sesuai dengan namanya, bentuk kue ini memang berlapis-lapis dan memiliki cita rasa manis. Ketika perayaan tahun baru imlek tiba, kue lapis pun menjadi salah satu kuliner mewah yang harus ada. Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, kue lapis merupakan lambang kemewahan.

 

0 komentar

Posting Komentar